Rawyandari Estu Rahayu » Blog Archive » Budaya, Makanan dan Ciri Khas Ngantang

Budaya, Makanan dan Ciri Khas Ngantang

Ngantang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Ngantang adalah tempat dibangunnya Waduk Selorejo oleh Jepang, yang dulunya adalah sebuah perkampungan dan kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan berbagai fasilitas penginapan atau tempat olahraga air. Ketika PON dituanrumahi oleh Jawa Timur, waduk tersebut digunakan untuk lomba ski air. Tempat tersebut ramai terutama ketika hari libur atau akhir pekan, cocok bagi para penghobi memancing atau penikmat ikan bakar maupun goreng. Di tengah waduk terdapat sebuah villa dan kebun jambu yang cukup luas. Di bagian barat waduk, terbentang Bukit Selokurung yang membentang dari utara ke selatan.

Ngantang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasembon, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Blitar. Bagian yang berbatasan dengan Kecamatan Kasembon Kasembon ditandai oleh Bukit Selokurung, lokasi makam Trunojoyo, seorang pahlawan perintis kemerdekaan Indonesia. Bagian yang berbatasan dengan Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, ditandai oleh Gunung Kawi.

Jalan utama pada kecamatan ngantang dihubungkan oleh Desa Jombok, Waturejo, Kaumrejo,Sumberagung, dan Mulyorejo. Jalur utama Kediri-Malang/Jombang-Malang.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Ngantang,_Malang

BUDAYA
Di Ngantang terkenal dengan tradisi bantengan. Seni Tradisional Bantengan adalah sebuah seni pertunjukan budaya tradisi yang menggabungkan unsur sendra tari, olah kanuragan, musik, dan syair/mantra yang sangat kental dengan nuansa magis.  Pelaku Bantengan yakin bahwa permainannya akan semakin menarik apabila telah masuk tahap “trans” yaitu tahapan pemain pemegang kepala Bantengan menjadi kesurupan arwah leluhur Banteng (Dhanyangan)
Seni Bantengan yang telah lahir sejak jaman kerajaan jaman Kerajaan Singasari (situs candi Jago – Tumpang) sangat erat kaitannya dengan Pencak Silat.
Ciri Khas
 
Di Terkenal dengan waduk yang bernama waduk Selorejo. Ngantang adalah tempat dibangunnya Waduk Selorejo oleh Jepang, yang dulunya adalah sebuah perkampungan dan kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan berbagai fasilitas penginapan atau tempat olahraga air. Ketika PON dituanrumahi oleh Jawa Timur, waduk tersebut digunakan untuk lomba ski air. Tempat tersebut ramai terutama ketika hari libur atau akhir pekan, cocok bagi para penghobi memancing atau penikmat ikan bakar maupun goreng. Di tengah waduk terdapat sebuah villa dan kebun jambu yang cukup luas. Di bagian barat waduk, terbentang Bukit Selokurung yang membentang dari utara ke selatan.
Makanan
 
Di Waduk Selorejo tersebut ramai terutama ketika hari libur atau akhir pekan, cocok bagi para penghobi memancing atau penikmat ikan bakar maupun goreng sehingga itu ikan mujair menjadi makanan khas ngantang. Selain itu juga pengunjung dapat membawa tepatnya membeli chamilan khas selorejo yaitu “carang mas”.

sumber : http://evanstared.blogspot.co.id/feeds/posts/default

 ngantang waduk-selorejo-1

Leave a comment