Rawyandari Estu Rahayu » Blog Archive » Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) – Fakultas Agama Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) – Fakultas Agama Islam

 

 

fk

 

 

Jurusan Tarbiyah (Program Studi Pendidikan Agama Islam) mengantarkan mahasiswanya ahli dan profesional di bidang pendidikan agama Islam. Sarjana Tarbiyah berpeluang untuk menjadi guru, peneliti, konsultan pendidikan dan pengelola lembaga pendidikan. Jurusan Tarbiyah memperkuat skill mahasiswanya dengan berbagai matakuliah praktikum untuk mengembangkan kemampuan melacak referensi klasik dan mutakhir, serta praktikum sistem informasi pendidikan dan rekayasa teknologi pembelajaran agar menjadi guru agama yang menguasai teknologi informasi, kaya strategi dan bervisi masa depan.

“Menjadi Guru Agama yang Menguasai Teknologi Informasi”

Keunggulan Fakultas Agama Islam UMM
Keunggulan Fakultas Agama Islam UMM terletak pada:
– Bahasa Arab (bersertifikat setara Diploma-I), selama satu tahun pertama, mahasiswa FAI diwajibkan memperdalam bahasa arab yang diasuh oleh penutur asli dari Mesir dan Arab Saudi.
– Bahasa lnggris (bersertifikat setara Diploma-I), bahasa inggris merupakan bahasa internasional disamping juga bahasa sains. Karena itu, selain bahasa arab, mahasiswa FAI juga ditekankan untuk menguasai bahasa inggris.
– keterampilan internet (bersertifikat)
-Komunikasi Dakwah (ketrampilan ceramah, khutbah dan MC)
-Komputer Media Studi Islam (bersertifikat)

Mahasiswa FAI juga aktif di dunia jurnalis, menjadi pembimbing dan pemateri dikegiatan kampus seperti p2kk, menjadi imam besar di masjid kampus dan beberapa mesjid besar di Malang, serta dipercaya menjadi asisten dosen untuk membina AIK (al-Islam dan Kemuhammadiyahan) di semester akhir.
Mahasiswa FAI juga aktif diberbagai kegiatan organisasi yakni, BEMFA, HMJ syari’ah dan tarbiyah, SEFA, FORSIFA, ALIF, FAGAMA, dan Caliph home.

Kerjasama Luar Negeri

Untuk meningkatkan kualitas akademik, FAI UMM menjalin kerjasama dengan Universitas al-Azhar, Universitas Minia (mesir) dan Universitas Islam Muhammad Ibn Saud, Pemerintah Saudi Arabia, Islamitische Universitas Rotterdam (Belanda), serta akademik pengajian Islam Universitas Malaya (malaysia).

Sarana Penunjang Pembelajaran

Adapun sarana penunjang pembelajaran di FAI ialah:
Laboratorium Bahasa Arab
Laboratorium Tarbiyah
Laboratorium Syari’ah
Markaz al-Da’wah wa Khidmat al-Mujtama’ (MDKM)
Perpustakaan Studi Islam
Ruang Kelas Multimedia

Seiring dengan perkembangan yang dicapai FAI UMM, secara meyakinkan FAI UMM menawarkan kualitas pengajaran yang kompetitif karena dukungan tenaga pengajar yang professional dan mumpuni dalam bidang kajian masing-masing.

sumber : https://dilianidiah.wordpress.com/2015/10/08/keunggulan-dan-perkembangan-jurusan-tarbiyah-di-umm/

Leave a comment