Rawyandari Estu Rahayu » Blog Archive » Tips dan Trik (Tutorial) PATI UMM (Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi)

Tips dan Trik (Tutorial) PATI UMM (Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi)

tips-and-tricks

Hai teman teman, kali ini saya akan memberikan tips dan trik mengikuti PATI. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu PATI.

PATI kepanjangan dari Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi. PATI adalah sebuah pelatihan yang diadakan oleh UMM dan wajib diikuti seluruh MABA yang berisi materi mengenai pengenalan teknologi internet yang memuat materi dasar teknologi. Dengan harapan dapat membantu MABA dalam mejelajahi dunia maya, terutama dalam mencari dan menggali informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi,khususnya yang berkaitan dengan jurusan atau bidang yang ditekuni.

Materi dan yang dijelaskan dalam pelatihan PATI 2014/2015 antara lain pengenalan internet, browsing, search engine, e-mail, web blog, dan hotspot UMM, forum diskusi UMM, digilib (digital library) dan e-Learning.

Pelatihan ini berlangsung selama 6 hari. Selama 6 hari inilah MABA diwajibkan menyelesaikan seluruh materi pelatihan dan akan diberikan beberapa test evaluasi dan membuat blog.Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet.

Kita mendapat lebih banyak pengetahuan tentang apa saja fasilitas yang ada pada Internet, baik secara umum maupun layanan yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Malang ini. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampus UMM ini sangat banyak, di antaranya ada webmail, student blog, elmu dan lain-lain. Jadi banyak sekali manfaat yang kita dapat dari pelatihan ini. Di pelatihan aplikasi internet (Aplinet) saya banyak mendapatkan banyak pengetahuan. Terima kasih untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang telah memberikan bimbingan aplikasi internet, sehingga saya lebih banyak tahu tentang Internet.
SUMBER : https://amelyaonny24.wordpress.com/category/pati-umm/

ef815-20150625_111423

Tips dan Trik (Tutorial) mengikuti PATI 2016 :

  1. Datang ke lokasi/kelas kurang lebih 15 menit sebelum kelas di mulai, karena biasanya ada para maba dari shift yang lain ingin mengikuti kelas shift kita karena mungkin jadwalnya terbentur dengan TAEP. Maka dari itu agar tidak berebut tempat dan menghindari masuk shift berikutnya sehingga membuang-buang waktu, maka lebih baik datang ke lokasi lebih awal.
  2. Membawa kebutuhan untuk PATI, misalnya : Bolpoint, pensil, buku, buku panduan PATI, jadwal PATI, dan kartu kendali PATI berwarna biru.
  3. Lebih baik anda membuat akun gmail terlebih dahulu, karena di dalam pelatihan ini akun gmail sangat di butuhkan untuk praktikum serta menjadi akun pribadi akses ke webmail umm dsb.
  4. Jangan sampai lupa membawa kartu mahasiswa karena di dalamnya kita bisa melihat NIM kita jika belum hafal.
  5. Menulis/menghafalkan PIC (password) untuk masuk ke segala akses yang di sediakan oleh UMM, karena dengan PIC ini jika kita harus masuk melalui akun kita membutuhkan PIC/Password ini.
  6. Membawa laptop untuk mengerjakan tugas online/evaluasi pertemuan 1,2,3
  7. Mengikuti materi dengan baik, tidak membuat kegaduhan dalam kelas, serta memperhatikan kakak instruktur menjelaskan materi di depan, karena jika kita tidak memperhatikan maka kita tidak akan bisa mengerjakan tugas dengan baik.
  8. Membaca buku panduan PATI, karena di dalam evaluasi-evaluasi yang nantinya kita kerjakan itu adalah ujian online sehingga di situ ada batasan waktu yang berjalan, oleh karena itu kita bisa menjawab dengan lancar apabila kita belajar dari materi yang telah di bahas dan kalau perlu browsing di mesin pencari agar lebih cepat serta tidak membuang buang waktu.

Jadi itu teman-teman yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a comment